Sabtu, 27 Februari 2010

Perkembangan Games Online di Indonesia [Part 4]

Postingan dobel gara2 kemarin keasyikan liburan..hehehehe

Selamat Menikmati...


Vital Sign

Vital Sign merupakan game online 3D First Person Shooting (FPS) pertama di Indonesia. Mirip dengan pola permainan game Quake, Doom dan Counter-Strike, diharapkan game ini bisa mengulang sukses game Counter-Strike di Indonesia. Hadir pada bulan September 2005, game ini mulanya cukup gencar dipromosikan oleh publishernya.




Vital Sign membutuhkan komputer dengan spek yang sangat tinggi dan koneksi internet yang stabil plus kencang, Sayangnya kondisi internet Indonesia saat itu kurang memadai untuk bisa memainkan game ini secara lancar, sehingga banyak gamer yang mengalami ngelag sehingga akhirnya game ini tidak begitu diminati. Game ini sempat bertahan lebih dari 1 tahun, walau akhirnya harus menutup layanannya.


SEAL Online

SEAL Online dirilis di Indonesia pada bulan Februari 2006 oleh PT. Lyto, yang merupakan game fantasy RPG 3D dengan grafik imut dan jalan cerita yang menarik. Setiap pemain dalam game akan ditampilkan dalam bentuk karakter 3D imut dan lucu, yang dapat memberikan perasaan nyaman untuk semua kalangan, sehingga memudahkan para gamer untuk saling berkenalan. SEAL memiliki fitur-fitur menarik seperti karakter gamer bisa memancing, berpacaran, memelihara pet, chatting lewat messenger (chat) dan berburu (hunting) bersama.




Game ini sempat booming di Indonesia, apalagi PT. Lyto menghadirkan Marshanda sebagai ikon game, dan ikut bermain game ini juga. Game ini sempat ditinggalkan pemainnya ketika diterapkan sistem ‘pay to play’ yang waktu itu sudah tidak tren lagi di Indonesia karena banyaknya game gratis yang beredar. Akhirnya PT. Lyto menerapkan sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’, yang kemudian kembali menarik minat gamer untuk kembali memainkan game ini.Hingga saat ini SEAL cukup sering mengadakan event di dalam game maupun di luar game, dan tetap bertahan seiring dengan mulai banyaknya game-game online baru yang bermunculan.


RAN Online

Game MMORPG 3D Korea yang satu ini cukup unik, dengan latar belakang cerita ‘tawuran’ dan perseteruan antar sekolah model Jepang. Namun dunianya juga diserang oleh monster, zombie dan sejenisnya. Masing-masing sekolah terbagi menjadi 4 sektor dan juga terdapat 4 tipe karakter yang bisa dimainkan, antara lain Combat (tangan kosong atau fighter), Sword (memakai senjata), Archery (pemanah) dan Qigong (tenaga dalam atau magic).



Dirilis pada bulan April 2006 di Indonesia, RAN sangat diminati dan cocok dengan selera gamer Indonesia. Hal ini terlihat dengan ramainya gamer yang ikut bermain game ini hanya dalam waktu singkat. Salah satu kelebihan game ini adalah pemakaian spek komputer untuk memainkan game ini tidak terlalu tinggi. RAN bisa dimainkan cukup dengan komputer pentium 3 kecepatan 500 Mhz plus kartu grafis 32 MB, dan cukup memori 256 MB.Game keluaran PT. Jaspace ini memakai sistem ‘item mall’ dan gratis bermain selamanya. Hingga kini game ini masih sangat diminati oleh gamer setianya, dan patch update-nya telah memasuki episode 2.3.


Deco Online

Deco muncul di Indonesia pada bulan Juli 2006 lewat publisher PT. Playon. Game 3D memiliki grafik kartun namun tidak berkesan imut seperti Ragnarok atau SEAL. Deco Online memiliki banyak fitur yang unik dan bervariasi, seperti Multiple Combo, Side Job, Instant Dungeon, PvP Battle, Messenger, dan masih banyak lagi. Uniknya game ini, gamer dapat menyelesaikan quest berulang-ulang, sehingga dapat melakukan leveling dengan mudah.



Terbagi menjadi dua dunia yaitu Millena dan Rain, masing-masing dunia memiliki beberapa karakter. Millena memiliki karakter yang menggunakan pedang (1 tangan dan 2 tangan) dan busur, sedangkan Rain memiliki karakter yang mengandalkan sihir (magic).Dengan sistem ‘item mall’ dan ‘free to play’, tadinya game ini diharapkan bisa menarik banyak gamer untuk ikut memainkannya. Sayangnya permainannya agak monoton, terutama karena mudahnya mendapatkan item dan tidak adanya item rare, jadi perdagangan dalam game ini mati. Pada akhirnya Deco memang memiliki rare-rare item dan menurunkan drop rate namun tetap tidak terasa signifikan. Deco masih bertahan hingga saat ini dan PT. Playon masih terus mengadakan patch dan update terbaru.


AyoDance

AyoDance (Audition) adalah game musikal yang sangat sukses di Indonesia. Game Korea yang dirilis oleh PT. Megaxus Infotech pada bulan Desember 2006, dan memasuki masa komersial pada awal tahun 2007. AyoDance sangat simple untuk dimainkan dan dengan lagu-lagu yang enak didengar. Karena sifat permainannya, banyak cewek yang bergabung memainkan game ini. Dari info yang beredar mungkin jumlah gamer cewek AyoDance melebihi gamer cowoknya. Bukan rahasia kalau game ini populer dan ramai sebagai ajang untuk kenalan dan menemukan pacar.



Game ini juga mengusung sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’. Di dalam game, gamer akan berperan sebagai seorang dancer. Ada beberapa mode permainan dapat dipilih sesuai yang diinginkan dan lagu dapat juga diganti sesuai dengan keinginan gamer. Mode permainan antara lain Freestyle Mode, Chance Mode, B-Boy Mode (Battle), Couple Mode, Big Game Mode dan Dance Competition.Di China game Audition ini memiliki lebih dari 100 juta pemain. Di negara lain terutama Asia, game ini juga cukup sukses dan digermari terutama oleh gamer kawula muda. AyoDance bisa dikatakan game tersukses kedua setelah Ragnarok di Indonesia dengan melihat hampir setiap warnet pasti ada yang memainkan game ini.



Perjuangan kita belum berakhir.. GANBATTE (n_n)V

Sabar tunggu postingan berikutnya iah...

0 komentar:

Posting Komentar